Starawaji's Blog

Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu

  • DOWNLOAD FULL APLIKASI

  • Tranlate language

  • Terima kasih kunjungannya

  • pengunjung

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabung dengan 27 pelanggan lain
  • Bookmark and Share
  • counter

  • para komentator

    alghazaliefarizi pada Agama terdiri dari dua ba…
    Umar rahman pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    komarudin pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    sakad pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    Muhammad Habibie pada Islam dan perkembangan zaman d…
    Abdul Kholiq Hasan pada Pengertian Kedisiplinan
    kapten pergerakan pada PENGERTIAN TATA TERTIB
    Sukarno Putra Naga pada pt.yasunaga pt. nippon seiki b…
    hariri wahyudi pada METODE MENGAJAR PENDIDIKAN…
    Febri jaka hendra pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    suefah pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    nurrachman pada Jumlah huruf dalam Al Qur…
    Faizal pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    HABIB ATHOILLAH pada Faktor-faktor yang mempengaruh…
    Ari Waluyo pada Lowongan kerja Pt. Indonesia N…
  • Tulisan Teratas

  • RSS indoforum

  • RSS berita aktual

  • RSS liputan 6

  • NimbuZZ

  • Add to Technorati Favorites
  • depdiknas

  • twitter

  • Top Rating

  • Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pendidikan Agama Islam.

    Posted by starawaji pada Mei 2, 2009

    Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pendidikan Agama Islam.

    a.  Pendidik.

    Pendidik yang mampu untuk memainkan peranan dan fungsinya dalam menjalankan tugas keguruannya secara proporsional dan mampu menjadi motivator serta fasilitator dalam proses belajar mengajar disekolah.

    b.  Peserta didik.

    Peserta didik yang bersih hatinya dari kotoran dan penyakit jiwa, anak didik yang menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia seperti, bersikap benar, taqwa, ikhlas, zuhud, merendahkan diri dan ridha. Peserta didik yang selalu menghormati gurunya dan selalu berusaha untuk senantiasa memperoleh kerelaan dari guru.[1]

    c.  Kurikulum.

    Kurikulum berbasis kompetensi yang selaras dengan fitrah insani, yaitu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan psikis, sosial, budaya, fisik, dan intelektual untuk melakukan kompetensi atau tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat

    50

    dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan tehadap seperangkat kompetensi tertentu.[2]

    d.  Metode.

    Metode pendidikan yang berdaya guna dan berhasil guna dan menimbulkan kesadaran  anak didik untuk mengamalkan  ketentuan ajaran agama Islam melalui teknik motivasi yang menimbulkan gairah belajar anak didik secara mantap.[3] Disamping berdaya guna untuk mengantarkan tercapainya tujuan pendidikan yang dicita-citakan.[4]

    e.  Sarana dan Prasarana.

    Sarana dan prasarana yang bisa memotivasi belajar siswa terhadap ajaran agama Islam yang tidak terbatas hanya pada hal-hal yang berkaitan dengan barang atau peralatan, tetapi juga ide, gagasan, prosedur, teknik, dan strategi yang dikembangkan oleh pihak sekolah atau dari pihak pemerintah.


    [1] Abuddin Nata, Filsafat Pendidkan Islam I , (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997), h.82. Lihat juga : Muhaimin dan Adul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam : Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya, (Bandung : Trigenda Karya, 1993 ), h.182

    [2] Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2003), h. 39.

    [3] Muhaimin dan Abdul Mujib, op. cit., h. 232.

    [4] Ibid., h. 230.

    5 Tanggapan to “Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pendidikan Agama Islam.”

    1. ferda said

      pengertian keberhasilan pendidikan apa dak da……!!!!!?????

    2. aku copy paste trim

    3. muhammad zulham said

      copy donk,,,!!!!!

    4. Assalam’alaikum.
      TERIMA KASIH ATAS ILMUNYA. .
      monggo mampir d.web ku!
      WSLM.

    Tinggalkan komentar