Starawaji's Blog

Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu

  • DOWNLOAD FULL APLIKASI

  • Tranlate language

  • Terima kasih kunjungannya

  • pengunjung

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabung dengan 27 pelanggan lain
  • Bookmark and Share
  • counter

  • para komentator

    alghazaliefarizi pada Agama terdiri dari dua ba…
    Umar rahman pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    komarudin pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    sakad pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    Muhammad Habibie pada Islam dan perkembangan zaman d…
    Abdul Kholiq Hasan pada Pengertian Kedisiplinan
    kapten pergerakan pada PENGERTIAN TATA TERTIB
    Sukarno Putra Naga pada pt.yasunaga pt. nippon seiki b…
    hariri wahyudi pada METODE MENGAJAR PENDIDIKAN…
    Febri jaka hendra pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    suefah pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    nurrachman pada Jumlah huruf dalam Al Qur…
    Faizal pada Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    HABIB ATHOILLAH pada Faktor-faktor yang mempengaruh…
    Ari Waluyo pada Lowongan kerja Pt. Indonesia N…
  • Tulisan Teratas

  • RSS indoforum

  • RSS berita aktual

  • RSS liputan 6

  • NimbuZZ

  • Add to Technorati Favorites
  • depdiknas

  • twitter

  • Top Rating

  • PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

    Posted by starawaji pada Desember 11, 2011

    BAB 1
    PENDAHULUAN
    A. LATAR BELAKANG MASALAH
    Mengajar merupakan suatu proses yang kompleks tidak hanya sekedar menyampaikan informasi dari guru kepada siswa banyak kegiatan maupun tindakan yang harus dilakukan terutama jika diinginkan hasil belajar lebih baik. Untuk itu seoarang guru perlu menggunakan metode – metode dalam menyampaikan pelajarannya. Metode pelajaran sangat beraneka ragam dengan mempertimbangkan apakah suatu metode pembelajaran cocok untuk mengajarkan materi pelajaran tertentu, metode pembelajaran menekankan pada proses belajar siswa aktif dalam upaya memperoleh kemampuan hasil belajar dan juga metode mengajar yang dipilih sepatutnya disesuaikan dengan bentuk belajar atau hasil belajar yang diharapkan diperoleh siswa.
    Belajar pada dasarnya merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang terjadi dari adanya interaksi antara seorang guru dengan lingkungannya. Proses pembelajaran seharusnya menekan pada metode atau cara bagaimana membelajarkan kepada siswa, proses pembelajaran dilaksanakan dalam rangka memberi kesempatan kepada siswa memperoleh pengalaman belajar, proses pembelajaran lebih banyak diarahkan untuk mempelajari mata pelajaran prosesnya dapat beraneka ragam mulai dari yang sederhana
    dengan menggunakan ceramah sampai kepada yang kompleks seperti dengan metode penemuan.
    Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan kepada anak atau siswa, karena itu merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, Negara, dan Agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efesien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan
    Dari latar belakang masalah di atas, penulis mencoba meneliti apakah pengaruh metode mengajar guru ada kaitanya dengan prestasi belajar siswa sehingga menjadikan kedalam suatu penelitian yang berjudul :
    “ PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA”
    Dengan alasan sebagai berikut :
    1.Karena dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif situasi belajar mengajar akan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan motivasi belajar pada diri siswa dengan begitu prestasi belajarnya bisa memuaskan.
    2.Karena guru yang kreatif dapat mengembangkan materi – materi pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar tidak bersifat monoton
    sehingga dengan hal – hal yang baru tersebut siswa yang kita ajar akan merasa senang sekaligus bangga jika materi yang disampaikan itu menarik dan penting.
    3. Karena metode merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses pembelajaran, sebagus apapun materi tanpa metode yang tepat tidak akan berhasil secara maksimal bahkan bisa mengalami kegagalan.
    B. IDENTIFIKASI MASALAH
    Setelah diadakan penelitian pendahuluan, penulis mengidentifikasikan masalah yang sesuai judul diatas maka terdapat item yang berkaitan dengan pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa MI Al-Manshur Pabuaran Serang yaitu :
    1. Metode pengajaran yang bervariatif .
    2. Motivasi belajar anak
    3. Sumber dan fasilitas yang tersedia.
    4. Kondisi lingkungan
    5. Kemampuan guru

    C. PEMBATASAN DAN RUMUSAN MASALAH
    1. Pembatasan Masalah
    Mengingat banyaknya permasalahan yang akan dibahas serta keterbatasan kemapuan, tenaga, waktu dan fasilitas yang tersedia maka dalam skripsi ini penulis akan membahas masalah sebagai berikut : Pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa
    Di MI Al-Manshur kampung Nangka bongkok Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang
    Penelitian ini dilaksanakan selama 6 ( enam ) bulan yakni dari bulan Pebruari, Maret, April, Mei, Juni dan Juli 2011.

    2. Rumusan Masalah
    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
    1. Bagaimana metode mengajar guru yang ada di MI Al-Manshur Pabuaran ?
    2. Bagaimana prestasi belajar siswa di MI Al-Manshur Pabuaran Serang ?
    3. Adakah pengaruh antara metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa ?

    D. TUJUAN DAN SIGNIFIKANSI PENELITIAN
    1. Tujuan Penelitian
    Sesuai dengan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah :
    1. Untuk mengetahui metode mengajar guru di MI Al-Manshur Pabuaran Serang
    2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MI Al-Manshur Pabuaran Serang
    3. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode mengajar guru dengan prestasi belajar siswa

    2. Signifikansi Penelitian
    Mengenai signifikansi penelitian ada beberapa hal yang penulis inginkan dari penyusunan skripsi ini yaitu:
    1. Dengan adanya penelitian ini diharapkan metode mengajar guru di MI Al-Manshur Pabuaran Serang lebih efektif sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa
    2. Dapat memberikan informasi kepada guru dengan memakai metode belajar yang bervariatif diharapkan prestasi belajar siswa dapat mencapai nilai yang diinginkan
    3. Sedangkan manfaat bagi penulis adalah menambah pengetahuan tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa.

    E. METODOLOGI PENELITIAN
    1. Metode Penelitian
    Untuk memudahkan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survey teknik korelasional
    2. Populasi, Sampel dan Penarikan Sampel
    Populasi penelitian ini adalah siswa MI AL-Manshur Pabuaran Serang
    Banten tahun ajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 214 orang. Sampelnya
    diambil dari kelas 5 ( lima ) dan kelas 6 ( enam ) sebanyak 40 siswa. Dan
    penyusunan menggunakan purposive sampel ( sampel bertujuan ) yang
    dilakukan dengan sengaja untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sampel
    yang ditetapkan mengikuti yang dikemukakan oleh Prof.Dr.Suharsimi Arikunto, bahwa jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10 – 25 % atau lebih.
    3. Instrumen Penelitian
    Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di MI Al-Manshur Pabuaran Serang. Instrumen penelitian ini menggunakan :
    1. Pedoman observasi
    2. Pedoman wawancara
    3. Angket ( questioner )

    4. Teknik Pengumpulan Data
    Yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan nilai Siswa, adapun tehnik pengumpulan datanya adalah sebagai berikut :
    a. Angket ( questioner ) yaitu sejumlah pertanyaan beserta jawabannya dalam bentuk pilihan yang disebarkan kepada responden
    b. Dokumentasi, yaitu melakukan penellitian dengan mengumpulkan data – data yang relevan dalam kegiatan penelitian
    c. Observasi, yaitu pengamatan langsung terhadap lokasi dan objek penelitian untuk memperoleh gambaran tentang penyusunan instrumen yang akan digunakan.
    d. Wawancara, yaitu pertanyaan – pertanyaan yang diajukan secara langsung pada sumber data tersebut selain responden.
    5. Teknik Analisis Data
    Untuk mendapatkan data dan memperoleh pemecahan, maka penulis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, untuk data kualitatif dianalisis dengan pendekatan logika, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik.
    Teknik untuk menguji dan analisis variabel X dan variabel Y yang dilaksanakan secara terpisah, alat pokok yang digunakan adalah:
    1. Mengurutkan data yang diperoleh dari hasil penelitian angket metode mengajar guru sebagai variabel X dan prestasi belajar sebagai variabel Y.
    2. Menghitung koefesien determinasi ( cd ) untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X ( metode mengajar guru ) terhadap variabel Y ( prestasi belajar ) secara prosentase dengan rumus cd = r2 X 100 %

    6. Hipotesis
    Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional, karena penelitian ini berusaha mengungkap adanya hubungan variabel bebas ( X ) dan varibel terikat ( Y ) maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
    Ho = rxy = 0 artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mengajar dengan prestasi belajar.
    Ha = rxy # 0 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mengajar dengan prestasi belajar siswa.

    F. SISTEMATIKA PENULISAN
    Sistematika penulisan dalam proposal ini terdiri dari lima bab setiap bab dirinci ke dalam bebtuk sub – sub bab pembahasan, dengan demikian pembahasan sebagai berikut :
    Bab pertama pendahuluan bab ini berisi : latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan dan perumusan masalah, tujuan dan signifikansi penelitian, dan sistematika penulisan
    Bab kedua : landasan teori penelitian pada bab ini mencakup tentang Deskripsi teori, kerangka berfikir dan hipotesis
    Bab ketiga Kerangka Metodologis, Bab ini berisi tentang : Metode Penelitian, Populasi, Sampel dan teknik Penarikan sampel, Instrumen Penelitian, Teknik pengumpulan data, dan teknik Analisis data.
    Bab ke empat hasil penelitian, bab ini menyampaikan tentang Deskripsi Daerah / Institusi, Deskripsi karakteristik Responden, Penyajian analisis data dan Interprestasi hasil penelitian.
    Bab kelima, penutup meliputi kesimpulan dan rekomendasi. Kemudian pada bagian terakhir skripsi ini, penulis menyertakan Daftar Pustaka, dan Pertanyaan Angket

    DAFTAR PUSTAKA
    Hakim Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima, 2009
    Sumiati, Asra, Metode Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima
    Undang Gunawan. H, Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Sekolah Dasar, Bandung : CV Siger Tengah, 1996
    Uzer Usman Moh, Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008
    Asrori Muhammad. H, Psikologi Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima, 2009
    Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 2003
    Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 2002
    Murniasih Eri , Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan, Semarang : PT Sindur Press , 2009
    Sulastri Siti, Siswa Berakhlak Mulia Raih Prestasi, Semarang, PT Sindur Press, 2009
    Syah Muhibin, Psikologi Belajar, Jakarta : Logos, 1999
    Sudjana, Metode Statistika, Bandung : PT Tarsito Bandung, 2005
    Moleong, Lexy J, Metode penelitian kualitatif, Bandung : PT Remaja rosda karya, 1998, cet ke- 1

    Proposal Seminar Judul
    PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
    ( Studi di MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten )

    Skripsi
    Diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI )
    Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta untuk memenuhi syarat – syarat gelar Sarjana Pendidikan Islam ( S.Pd.I )

    Oleh :
    MARJUKI
    NIM : 200714563

    JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI ) SHALAHUDIN AL-AYYUBI JAKARTA
    2011 M / 1432 H

    DAFTAR ISI
    HALAMAN JUDUL
    LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
    LEMBAR PENGESAHAN
    KATA PERSEMBAHAN
    MOTTO
    RIWAYAT HIDUP
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI
    BAB I PENDAHULUAN
    a. Latar belakang masalah
    b. Identifikasi Masalah
    c. Pembatasan dan Perumusan Masalah
    d. Tujuan dan Signifikansi Penelitian
    e. Sistematika Penulisan
    BAB II LANDASAN TEORI PENELITIAN
    A. Deskripsi Teori
    1. Pengertian Metode Mengajar
    2. Macam – macam Metode Mengajar
    3. Pengertian Prestasi belajar
    4. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
    5. Upaya – upaya dalam Meraih Prestasi
    B. Kerangka Berfikir
    C. Hipotesis

    BAB III KERANGKA METODOLOGIS
    A. Metode Penelitian
    B. Populasi, Sampel dan Teknik Penarikan sampel
    C. Instrumen Penelitian
    D. Teknik Pengumpulan Data
    E. Teknik Analisis Data
    BAB IV HASIL PENELITIAN
    A. Deskripsi MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten
    1. Sejarah singkat MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten
    2. Struktur
    3. Sarana dan Prasarana
    4. Kurikulum
    5. Kegiatan Belajar Mengajar
    B. Deskripsi Karakteristik Responden
    C.Penyajian Analisis Data
    D.Interpretasi Hasil Penelitian
    BAB V PENUTUP
    A. Kesimpulan
    B. Rekomendasi

    DAFTAR PUSTAKA
    LAMPIRAN – LAMPIRAN

    DAFTAR ISI

    BAB I PENDAHULUAN
    A. Latar belakang masalah
    B. Identifikasi Masalah
    C. Pembatasan dan Perumusan Masalah
    D. Tujuan dan Signifikansi Penelitian
    E. Sistematika Penulisan
    BAB II LANDASAN TEORI PENELITIAN
    A. Deskripsi Teori
    1. Pengertian Metode Mengajar
    2. Macam – macam Metode Mengajar
    3. Pengertian Prestasi belajar
    4. Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
    5. Upaya – upaya dalam Meraih Prestasi
    B. Kerangka Berfikir
    C. Hipotesa
    BAB III KERANGKA METODOLOGIS
    A. Metode Penelitian
    B. Populasi, Sampel dan Teknik Penarikan sample
    C. Instrumen Penelitian
    D. Teknik Pengumpulan Data
    E. Teknik Analisis Data
    BAB IV HASIL PENELITIAN
    A.Deskripsi MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten
    1. Sejarah singkat MI Al-Manshur Pabuaran
    Serang Banten
    2. Struktur
    3. Sarana dan Prasarana
    4. Kurikulum
    5. Kegiatan Belajar Mengajar

    B.Deskripsi Karakteristik Responden
    C.Penyajian Analisis Data
    D.Interpretasi Hasil Penelitian
    BAB V PENUTUP
    A.Kesimpulan
    B.Rekomendasi

    DAFTAR ISI

    BAB I PENDAHULUAN
    A. Latar belakang masalah…………………………………………………..1
    B. Identifikasi masalah………………………………………………………3
    C. Pembatasan dan Perumusan masalah…………………………………….3
    D. Tujuan dan signifikansi penelitian……………………………………….4
    E. Metodologi penelitian……………………………………………………5
    F. Sistematika Penulisan……………………………………………………8

    Tinggalkan komentar