PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Posted by starawaji pada Desember 11, 2011
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Mengajar merupakan suatu proses yang kompleks tidak hanya sekedar menyampaikan informasi dari guru kepada siswa banyak kegiatan maupun tindakan yang harus dilakukan terutama jika diinginkan hasil belajar lebih baik. Untuk itu seoarang guru perlu menggunakan metode – metode dalam menyampaikan pelajarannya. Metode pelajaran sangat beraneka ragam dengan mempertimbangkan apakah suatu metode pembelajaran cocok untuk mengajarkan materi pelajaran tertentu, metode pembelajaran menekankan pada proses belajar siswa aktif dalam upaya memperoleh kemampuan hasil belajar dan juga metode mengajar yang dipilih sepatutnya disesuaikan dengan bentuk belajar atau hasil belajar yang diharapkan diperoleh siswa.
Belajar pada dasarnya merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang terjadi dari adanya interaksi antara seorang guru dengan lingkungannya. Proses pembelajaran seharusnya menekan pada metode atau cara bagaimana membelajarkan kepada siswa, proses pembelajaran dilaksanakan dalam rangka memberi kesempatan kepada siswa memperoleh pengalaman belajar, proses pembelajaran lebih banyak diarahkan untuk mempelajari mata pelajaran prosesnya dapat beraneka ragam mulai dari yang sederhana
dengan menggunakan ceramah sampai kepada yang kompleks seperti dengan metode penemuan.
Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan kepada anak atau siswa, karena itu merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, Negara, dan Agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efesien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan
Dari latar belakang masalah di atas, penulis mencoba meneliti apakah pengaruh metode mengajar guru ada kaitanya dengan prestasi belajar siswa sehingga menjadikan kedalam suatu penelitian yang berjudul :
“ PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA”
Dengan alasan sebagai berikut :
1.Karena dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif situasi belajar mengajar akan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan motivasi belajar pada diri siswa dengan begitu prestasi belajarnya bisa memuaskan.
2.Karena guru yang kreatif dapat mengembangkan materi – materi pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar tidak bersifat monoton
sehingga dengan hal – hal yang baru tersebut siswa yang kita ajar akan merasa senang sekaligus bangga jika materi yang disampaikan itu menarik dan penting.
3. Karena metode merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses pembelajaran, sebagus apapun materi tanpa metode yang tepat tidak akan berhasil secara maksimal bahkan bisa mengalami kegagalan.
B. IDENTIFIKASI MASALAH
Setelah diadakan penelitian pendahuluan, penulis mengidentifikasikan masalah yang sesuai judul diatas maka terdapat item yang berkaitan dengan pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa MI Al-Manshur Pabuaran Serang yaitu :
1. Metode pengajaran yang bervariatif .
2. Motivasi belajar anak
3. Sumber dan fasilitas yang tersedia.
4. Kondisi lingkungan
5. Kemampuan guru
C. PEMBATASAN DAN RUMUSAN MASALAH
1. Pembatasan Masalah
Mengingat banyaknya permasalahan yang akan dibahas serta keterbatasan kemapuan, tenaga, waktu dan fasilitas yang tersedia maka dalam skripsi ini penulis akan membahas masalah sebagai berikut : Pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa
Di MI Al-Manshur kampung Nangka bongkok Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang
Penelitian ini dilaksanakan selama 6 ( enam ) bulan yakni dari bulan Pebruari, Maret, April, Mei, Juni dan Juli 2011.
2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana metode mengajar guru yang ada di MI Al-Manshur Pabuaran ?
2. Bagaimana prestasi belajar siswa di MI Al-Manshur Pabuaran Serang ?
3. Adakah pengaruh antara metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa ?
D. TUJUAN DAN SIGNIFIKANSI PENELITIAN
1. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui metode mengajar guru di MI Al-Manshur Pabuaran Serang
2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MI Al-Manshur Pabuaran Serang
3. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode mengajar guru dengan prestasi belajar siswa
2. Signifikansi Penelitian
Mengenai signifikansi penelitian ada beberapa hal yang penulis inginkan dari penyusunan skripsi ini yaitu:
1. Dengan adanya penelitian ini diharapkan metode mengajar guru di MI Al-Manshur Pabuaran Serang lebih efektif sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa
2. Dapat memberikan informasi kepada guru dengan memakai metode belajar yang bervariatif diharapkan prestasi belajar siswa dapat mencapai nilai yang diinginkan
3. Sedangkan manfaat bagi penulis adalah menambah pengetahuan tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa.
E. METODOLOGI PENELITIAN
1. Metode Penelitian
Untuk memudahkan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survey teknik korelasional
2. Populasi, Sampel dan Penarikan Sampel
Populasi penelitian ini adalah siswa MI AL-Manshur Pabuaran Serang
Banten tahun ajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 214 orang. Sampelnya
diambil dari kelas 5 ( lima ) dan kelas 6 ( enam ) sebanyak 40 siswa. Dan
penyusunan menggunakan purposive sampel ( sampel bertujuan ) yang
dilakukan dengan sengaja untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sampel
yang ditetapkan mengikuti yang dikemukakan oleh Prof.Dr.Suharsimi Arikunto, bahwa jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10 – 25 % atau lebih.
3. Instrumen Penelitian
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di MI Al-Manshur Pabuaran Serang. Instrumen penelitian ini menggunakan :
1. Pedoman observasi
2. Pedoman wawancara
3. Angket ( questioner )
4. Teknik Pengumpulan Data
Yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan nilai Siswa, adapun tehnik pengumpulan datanya adalah sebagai berikut :
a. Angket ( questioner ) yaitu sejumlah pertanyaan beserta jawabannya dalam bentuk pilihan yang disebarkan kepada responden
b. Dokumentasi, yaitu melakukan penellitian dengan mengumpulkan data – data yang relevan dalam kegiatan penelitian
c. Observasi, yaitu pengamatan langsung terhadap lokasi dan objek penelitian untuk memperoleh gambaran tentang penyusunan instrumen yang akan digunakan.
d. Wawancara, yaitu pertanyaan – pertanyaan yang diajukan secara langsung pada sumber data tersebut selain responden.
5. Teknik Analisis Data
Untuk mendapatkan data dan memperoleh pemecahan, maka penulis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, untuk data kualitatif dianalisis dengan pendekatan logika, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik.
Teknik untuk menguji dan analisis variabel X dan variabel Y yang dilaksanakan secara terpisah, alat pokok yang digunakan adalah:
1. Mengurutkan data yang diperoleh dari hasil penelitian angket metode mengajar guru sebagai variabel X dan prestasi belajar sebagai variabel Y.
2. Menghitung koefesien determinasi ( cd ) untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X ( metode mengajar guru ) terhadap variabel Y ( prestasi belajar ) secara prosentase dengan rumus cd = r2 X 100 %
6. Hipotesis
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional, karena penelitian ini berusaha mengungkap adanya hubungan variabel bebas ( X ) dan varibel terikat ( Y ) maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Ho = rxy = 0 artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mengajar dengan prestasi belajar.
Ha = rxy # 0 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mengajar dengan prestasi belajar siswa.
F. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan dalam proposal ini terdiri dari lima bab setiap bab dirinci ke dalam bebtuk sub – sub bab pembahasan, dengan demikian pembahasan sebagai berikut :
Bab pertama pendahuluan bab ini berisi : latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan dan perumusan masalah, tujuan dan signifikansi penelitian, dan sistematika penulisan
Bab kedua : landasan teori penelitian pada bab ini mencakup tentang Deskripsi teori, kerangka berfikir dan hipotesis
Bab ketiga Kerangka Metodologis, Bab ini berisi tentang : Metode Penelitian, Populasi, Sampel dan teknik Penarikan sampel, Instrumen Penelitian, Teknik pengumpulan data, dan teknik Analisis data.
Bab ke empat hasil penelitian, bab ini menyampaikan tentang Deskripsi Daerah / Institusi, Deskripsi karakteristik Responden, Penyajian analisis data dan Interprestasi hasil penelitian.
Bab kelima, penutup meliputi kesimpulan dan rekomendasi. Kemudian pada bagian terakhir skripsi ini, penulis menyertakan Daftar Pustaka, dan Pertanyaan Angket
DAFTAR PUSTAKA
Hakim Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima, 2009
Sumiati, Asra, Metode Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima
Undang Gunawan. H, Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Sekolah Dasar, Bandung : CV Siger Tengah, 1996
Uzer Usman Moh, Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008
Asrori Muhammad. H, Psikologi Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima, 2009
Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 2003
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 2002
Murniasih Eri , Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan, Semarang : PT Sindur Press , 2009
Sulastri Siti, Siswa Berakhlak Mulia Raih Prestasi, Semarang, PT Sindur Press, 2009
Syah Muhibin, Psikologi Belajar, Jakarta : Logos, 1999
Sudjana, Metode Statistika, Bandung : PT Tarsito Bandung, 2005
Moleong, Lexy J, Metode penelitian kualitatif, Bandung : PT Remaja rosda karya, 1998, cet ke- 1
Proposal Seminar Judul
PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
( Studi di MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten )
Skripsi
Diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI )
Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta untuk memenuhi syarat – syarat gelar Sarjana Pendidikan Islam ( S.Pd.I )
Oleh :
MARJUKI
NIM : 200714563
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI ) SHALAHUDIN AL-AYYUBI JAKARTA
2011 M / 1432 H
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PERSEMBAHAN
MOTTO
RIWAYAT HIDUP
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
a. Latar belakang masalah
b. Identifikasi Masalah
c. Pembatasan dan Perumusan Masalah
d. Tujuan dan Signifikansi Penelitian
e. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI PENELITIAN
A. Deskripsi Teori
1. Pengertian Metode Mengajar
2. Macam – macam Metode Mengajar
3. Pengertian Prestasi belajar
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
5. Upaya – upaya dalam Meraih Prestasi
B. Kerangka Berfikir
C. Hipotesis
BAB III KERANGKA METODOLOGIS
A. Metode Penelitian
B. Populasi, Sampel dan Teknik Penarikan sampel
C. Instrumen Penelitian
D. Teknik Pengumpulan Data
E. Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten
1. Sejarah singkat MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten
2. Struktur
3. Sarana dan Prasarana
4. Kurikulum
5. Kegiatan Belajar Mengajar
B. Deskripsi Karakteristik Responden
C.Penyajian Analisis Data
D.Interpretasi Hasil Penelitian
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan dan Perumusan Masalah
D. Tujuan dan Signifikansi Penelitian
E. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI PENELITIAN
A. Deskripsi Teori
1. Pengertian Metode Mengajar
2. Macam – macam Metode Mengajar
3. Pengertian Prestasi belajar
4. Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
5. Upaya – upaya dalam Meraih Prestasi
B. Kerangka Berfikir
C. Hipotesa
BAB III KERANGKA METODOLOGIS
A. Metode Penelitian
B. Populasi, Sampel dan Teknik Penarikan sample
C. Instrumen Penelitian
D. Teknik Pengumpulan Data
E. Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN
A.Deskripsi MI Al-Manshur Pabuaran Serang Banten
1. Sejarah singkat MI Al-Manshur Pabuaran
Serang Banten
2. Struktur
3. Sarana dan Prasarana
4. Kurikulum
5. Kegiatan Belajar Mengajar
B.Deskripsi Karakteristik Responden
C.Penyajian Analisis Data
D.Interpretasi Hasil Penelitian
BAB V PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Rekomendasi
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah…………………………………………………..1
B. Identifikasi masalah………………………………………………………3
C. Pembatasan dan Perumusan masalah…………………………………….3
D. Tujuan dan signifikansi penelitian……………………………………….4
E. Metodologi penelitian……………………………………………………5
F. Sistematika Penulisan……………………………………………………8
Tinggalkan komentar