Starawaji's Blog

Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu

  • DOWNLOAD FULL APLIKASI

  • Tranlate language

  • Terima kasih kunjungannya

  • pengunjung

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 24 pengikut lainnya

  • Bookmark and Share
  • counter

  • para komentator

    alghazaliefarizi di Agama terdiri dari dua ba…
    Umar rahman di Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    komarudin di Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    sakad di Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    Muhammad Habibie di Islam dan perkembangan zaman d…
    Abdul Kholiq Hasan di Pengertian Kedisiplinan
    kapten pergerakan di PENGERTIAN TATA TERTIB
    Sukarno Putra Naga di pt.yasunaga pt. nippon seiki b…
    hariri wahyudi di METODE MENGAJAR PENDIDIKAN…
    Febri jaka hendra di Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    suefah di Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    nurrachman di Jumlah huruf dalam Al Qur…
    Faizal di Lowongan kerja Pt. Yasunaga…
    HABIB ATHOILLAH di Faktor-faktor yang mempengaruh…
    Ari Waluyo di Lowongan kerja Pt. Indonesia N…
  • Tulisan Teratas

  • RSS indoforum

  • RSS berita aktual

  • RSS liputan 6

  • NimbuZZ

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Add to Technorati Favorites
  • depdiknas

  • twitter

  • Top Rated

  • POTRET PENDIDIKAN INDONESIA

    Posted by starawaji pada Mei 11, 2009


    Pendidikan Indonesia mengalami sedikit perubahan, pendidikan dai tahun ketahun semakin ramai, sekolah-sekolah mulai ada perhatian dari pemerintah walaupun ada beberapa yang belum tesentuh oleh tangan pemerintah, pemerintah memberikan banyak bantuan kepada sekolah-sekolah, mulai dari bangunan gedung, sampai kepihak siswa disekolah. Tidak sedikit uang yang pemerintah keluarkan untuk memajukan pendidikan di Indonesia, diantaranya untk merenovasi gedung-gedung sekolah yang sudah mulai rusak. Jumlahnya mencapai ratusan jutaan rupiah tiap sekolah, tapi kadang uang yang dikeluarkan dari pusat semakin kebawah semakin mengecil nilainya, pada saat pelaksanaan perenovasian sebuah gedung, uang yang semakin kecil itu dimanfaatkan dan dipergunakan sebisa mungkin agar kondisi bangunan sedikit lebih baik, dengan kondisi uang yang seperti itu, piha pemborong membeli barang-barang bangunan yang kurang berkualitas, sehingga paa saat bangunan sudah jadi dan dipakai beberapa bulan sudah rusak lagi. Begitulah rakyat Indonesia, selalu mencari keuntungan dalam kesempitan, sekarang pemerintah sudah benar-benar perhatian terrhadap urgensi pendidikan di Indonesia, terbukti dengan adanya banyak bantuan berupa BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan mulai tahun ini 2009 semua siswa bisa mengenyam pendidikan gratis sampai kejenjang SMP, siswa yang tidak mampu pun bisa menyelesaikan sekolahnya. Bantuan Operasional Sekolah sangat membantu kehidupan anak-anak di masa yang akan datang. Ini benar-Benar merupakan langkah awal dan nyata dari pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia, beberapa hari yang lalu kita bersama-sama sudah memperingati hari Pendidikan Nasional, yang aakanmenjadi pendorong untuk kita terus bersemangat dalam meneruskan cita-cita bangsa, dan sebentar lagi kita akan memperingati hari kebangkitan nasional. Hari dimana orang-orang dulu bersatu padu dalam satu tujuan untuk Indonesia merdeka, memang sekarang Indonesia sudah terbebas dari penjajahan, tapi warga kita masih banyak yang buta aksara, jadi kita berharap Indonesia segera terbebas dari buta aksara, mekipun pejuang kedepan sangat sangat berat, karena globalisasi mengancam kita. Seandainya kita tidak siap untuk menyongsong globalisasi, maka bisa-bisa negeri ini akan kembali tepuruk, makanya pemerintah selalu siap untuk membantu anak-anak sekolah untuk lebih giat lagi dalam belajar, meskipun pemerintah sudah membebaskan biaya untuk anak sekolah, tapi ada saja pungutan-pungutan yang tidak bertanggung jawab dari guru mereka. Sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah membawa angin segar bagi semua orang tua, pasalnya pada zaman sekarang yang serba sulit sangat susah untuk mendapatkan uang apalagi kondisi sekarang diperparah dengan adanya krisisi global yang melanda perekonomian dunia.

    Kita sadar dan tahu betapa penting arti pendidikan bagi diri kita dan juga nusa bangsa,kemajuan suatu Negara sangat bergantung pada orang-orang yang berpendidikan, begitu juga dengan kehidupan kita sebagai manusia biasa, sangat bergantung pada pendidikan. Seseorang akan mempunyai pandangan masa depan hidup yang cerah, jika ia mengenyam kehidupan dibangku sekolah, semakin tinggi jenjang pendidikan kelulusan semakin bagus kesempatan orang tesebut untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, sebaliknya orang yang mengenyam penididikan lebih rendah semakin suram kehidupan mereka kedepan, walaupun sebenarnya banyak cerita-cerita tentang orang yang sukses meskipun hanya lulusan SD bahkan tidak lulus SD, mungkin ini kedengaranya mustahil, tapi Allah maha kuasa, Allah maha berkehendak, segala sesuatu yang ia inginkan pasti tejadi, karena sesungguhnya rizki ada di tangan Allah.

    Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, globalisasi menuntut kita untuk bersaing sehat, perubahan benar-benar terasa diberbagai sudut kehidupan manusia, benar-benar dalam jalan yang menuntut mereka untuk tetap eksis dan betahan hidup. Manusia benar-benar dituntut untuk bijak dalam berbagai hal, sampai-sampai dal memilih presidenpun harus bijak, memang kita harus bijak dalam memilih presiden, karena pengaruhnya akan terasa setelah presiden itu terpilih dan memimpin negeri ini. Pendidikan tidak terlepas dari perantara berbagai pihak mereka benar-benar mensuport demi perubahan nasib bangsa yang lebih baik, belakangan ini hampir semua sekolah dasar maupun sekolah tingkatan diatasnya untuk meajibkan semua guru untuk memiliki gelar sarjana strata 1 (S1), berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah, diantaranya memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang sedang mengajar di sekolah dengan tujuan meringankan pembiayaan kuliah, dengan adanya program ini pemerintah berupaya agar semua guru mempunyai ijazah S1. Pemerintah juga melakukan standarisasi terhadap kelayakan seorang guru dalam mengajar, sehingga diharapkan semua guru yang mengajar di sekolah-sekolah diseluruh Indonesia mempunya sikap leadership dalam mengajarn anak didiknya.

    Pemerintah mewajibkan semua guru memiliki ijazah S1, merupakan langkah yang baik, tapi ironis memang ketika muncul pemahaman yan kurang baik dari para guru, mereka berargumentasi bagaimana caranya dapat gelar S1 dengan cepat, kemudia para pengelola kampus membaca situasi ini sebagai peluan, sehingga munculah universitas-universitas yang menawarkan program cepat, ringkas, dan padat. Tidak sedikit para guru mengambil jalur ini, bahkan hampir semua guru mengambil kuliahnya pada jalur nonreguler, jadi tahun ini benar-benar sangat ramai dengan aktifitas sekolah dan perkuliahan, bahkan ada yang sudah punya cucu juga ikit kuliah demi mendapat gelar S1. Kuliah dalam waktu yang singkat itu akan menumbulkan pertanyaan bagaimana kualitas pengetahuan yang mereka dapat?, mungkin andalah yang bisa menjawabnya. Bravo pendidikan Indonesia. Go….!!! go….!!! go…!!!

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: